TUGAS AKHIR / FINAL PAPER | |||||||||||
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM | |||||||||||
UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG | |||||||||||
KELAS DEMAK | |||||||||||
NO | NIM | NAMA MAHASISWA | JUDUL PAPER | FOKUS PEMBAHASAN | SUMBER UTAMA | TANGGAPAN | KET | ||||
DITERIMA | REVISI | ||||||||||
01 | A. 12.1.0909 | Abdul Kholiq | 1 | Paradigma Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam | 1 | Sifat-Sifat dan Kode Etik Peserta Didik dalam Pendidikan Islam | 1 | Ilmu Pendidikan Islam (Dr. Abdul Majid, M.Ag. Dan Dr. Yusuf Mudzakir, M.Si | |||
2 | 2 | Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam | |||||||||
3 | 3 | Sejarah Pendidikan Islam | |||||||||
02 | A. 12.1.0858 | Abdul Majid | 1 | Peranan Guru dalam Pendidikan Islam | 1 | kode etik guru | 1 | Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam (Athiyah Abrasyi) | |||
sifat-sifat guru | 2 | Ilmu pendidikan dalam Perfektif Islam (A. Tafsir) | |||||||||
3 | Persfektif Islam tentang Pola Hubungan Guru Murid (Abudinnata) | ||||||||||
4 | Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat (Abdurrahman Nahlawi) | ||||||||||
5 | Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik (Abdurrahman Mas'ud) | ||||||||||
03 | A. 12.1.0880 | Abdullah Asief | 1 | Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan dalam Islam | 1 | Definisi Pemikiran Pendidikan Islam | 1 | Politik Pendidikan Islam (Ahmad Arifi) | |||
2 | Tujuan Dan Fungsi Mempelajari Pemikiran Pendidikan Islam | 2 | Reorientasi Pendidikan Islam (Jusuf Amir Faisal) | ||||||||
3 | 3 | Filsafat Pendidikan Islam (Arifin) | |||||||||
4 | |||||||||||
04 | A. 12.1.0871 | Agus Taufiqur Rohman | Pendidikan Humanisme (Kajian Perbandingan Teori Abraham Moslow dengan Abdurrohman Wahid | 1 | Pengertian Humanisme | 1 | Psikologi pendidikan (John W Santrock) | ||||
2 | Humanisme Menurut Abraham Maslow | 2 | Teori-Teori Pendidikan (Nurani Syoymukti) | ||||||||
3 | Humanisme Menurut Abdurrohman Wahid | 3 | Jurnal Tasamuh Vol 1 (PPS Unwahas) | ||||||||
4 | Perbedaan Teori Humanisme Menurut Perspektif Abraham Maslow dengan Abdurrohman Wahid | ||||||||||
05 | A. 12.1.0873 | Ahyadi | 1 | Konsep Pendidikan Menurut Syed Muhammad Al Naquib Al Attas | 1 | Konsep, Tujuan dan Bentuk Pendidikan Islam Menurut Syed Muhammad Al Naquib Al Attas | 1 | Paradigma Pendidikan Islam (Abuddin Nata) | |||
2 | Islam dan Filsafat Sains (Syed Muhammad Al Naquib Al Attas) | ||||||||||
3 | Upaya menintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan (Ungguh Muliawan) | ||||||||||
06 | A. 12.1.0878 | Anwar Mahmud | 1 | Paradigma Baru Pendidikan Islam Berbasis Integratif - Interkonektif | 1 | Reintegrasi Ilmu | 1 | Pendidikan Tanpa Kekerasan (Abdurrahman Assegaf) | |||
2 | Research based Knowledge | 2 | Identitas Politik Umat Islam (Kuntowijoyo) | ||||||||
3 | Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam | 3 | Islam, Plurarisme Budaya dan Politik (Tobroni dan Syamsul Arifin) | ||||||||
07 | A. 12.1.0872 | Dewi Hajar | 1 | Filsafat Pendidikan Islam Dalam pemikiran Al Ghozali | 1 | Pendidikan Menurut Pemikiran Al Ghozali | 1 | Filsafat Pendidikan Islam (Drs. H. Abuddin Nata, MA) | |||
2 | Teologi Al Ghozali (Dr. HM. Zulkarni Jahja) | ||||||||||
3 | Pemikiran Al Ghozali Tentang Pendidikan (Drs. Abidin Ibnu Rusd) | ||||||||||
08 | A. 12.1.0877 | Drs. Rofi'i | 1 | Qona'ah dan Etos Kerja: Pendekatan Sufistik | 1 | Qona'ah dalam Pendekatan Sufistik | 1 | Qona'ah dengan Berpikir Positif (Anni Asyifa) | ditolak. Tidak membahas pendidikan | ||
2 | Etos Kerja dalam Pendekatan Sufistik | 2 | Kumpulan Hadits Muslim (Husein Bahreisy) | ||||||||
3 | Tasawuf Mopderen (Hamka) | ||||||||||
4 | Qona'ah dengan Pemberian Allah (Zulfa Jamalie) | ||||||||||
5 | Tasawuf Dalam Islam (Muh Ridwan) | ||||||||||
6 | Membentuk Manusia Muslim Sejati (Toto Tasmara) | ||||||||||
09 | A. 12.1.0870 | Endah Sulistiyowati | 1 | Urgensi Stakeholder dalam Pendidikan Islam (Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Era Globalisasi) | 1 | Pentingnya Stakeholder yang Berkualitas dalam Pendidikan Islam agar mampu menjawab Tantangan Zaman | 1 | Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia (M. Tholhah Hasan) | |||
2 | Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA) | ||||||||||
3 | Visi dan Pondasi Pendidikan (Dalam Perspektif Islam (Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd.) | ||||||||||
4 | Pendidikan Agama dan Keagamaan (Visi, Misi dan Aksi) (Abdurrahman Saleh) | ||||||||||
10 | A. 12.1.0881 | Imam Zuhri Mas'ud | 1 | Mendidik Anak Ala Rasulullah | 1 | Pengertian | 1 | Tahapan Mendidik Anak (Jamal Abdurrahman) | |||
2 | Tahapan-Tahapan Mendidik Anak | 2 | Wahai Anakku (Imam Al Ghozali) | ||||||||
3 | Kesimpulan dan Penutup | 3 | 50 Panduan Efektif Orang Tua Menshalihkan Anak (nabil Hamid Al Maaz) | ||||||||
4 | 100 Ide Cemerlang dalam Mendidik Anak (Imam Al Mahdawi) | ||||||||||
5 | 6 Jenis Gangguan Pada Anak | ||||||||||
11 | A. 12.1.0864 | Isomah | 1 | Pendidikan Dalam Keluarga Menurut Konsep Islam | 1 | konsep keluarga sakinah menurut Islam | 1 | Pendidikan Islam di rumah,sekolah dan masyarakat (Abdurrahman An-Nahlawi) | lanjut topik nomer 1 saaja. | ||
2 | konsep pendidikan keluarga menurut Islam | 2 | Pendidikan Islam tradisi dan modernisasi menuju millennium baru (Azyumardi Azra) | ||||||||
3 | Strategi aplikasi pendidikan keluarga menurut Islam | 3 | mendidik anak secara Islami (Mulana musa ahmad olgar) | ||||||||
2 | Refleksi terhadap pendidikan Islam dan persoalan remaja | 1 | Kenakalan Remaja | 1 | Kapita Selekta Pendidikan Islam (H.M.Chabib Thoha | ||||||
2 | Islam transformatif (Moeslim Abdurrahman) | ||||||||||
3 | psikologi belajar (Muhibbin Syah) | ||||||||||
12 | A. 12.1.0879 | Isti'adah | 1 | Konsep Pendidikan Islam perspektif KH. Abdurrahman Wahid | 1 | Kebudayaan Pendidikan Islam di Indonesia | 1 | Gus Dur dan Pendidikan Islam | judul topik ok, tapi fokus ajukan kembali belum pas dengan topik... | ||
2 | Metode Pendidikan Islam | 2 | Sejarah Pendidikan Islam | nomer 1 saja. | |||||||
3 | Pendidikan Nondikotomi | ||||||||||
2 | Konsep Belajar dalam Filsafat Pendidikan Islam dan Filsafat Pendidikan Barat | 1 | Konsep Belajar dalam Islam dan dalam Pendidikan Barat | 1 | Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21 (Hasan Langgulung) | ||||||
2 | Filsafat Islam Sunah Nabi | ||||||||||
3 | Filsafat Pendidikan Islam (Zuhairini) | ||||||||||
13 | A. 12.1.0852 | Juwaini | 1 | Konsep Aliran Pendidikan Islam Modernis dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Tujuan Pendidikan | 1 | Konsep Aliran Filsafat Pendidikan Islam Modernis | 1 | Ilmu Pendidikan Islam (M. Arifin) | |||
2 | Konsep Tujuan Pendidikan Islam | 2 | Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Arif Armai) | ||||||||
3 | Implikasi Aliran FilsafatPendidikan Islam Modernis Terhadap Pengembangan Tujuan Pendidikan Islam | 3 | Aliran-Aliran Filsafat dan Etika (Juhaya Praja) | ||||||||
4 | Filsafat Umum ( Tafsir Ahmad) | ||||||||||
5 | Wacana Pengembangan Pendidikan Islam (Muhaimin) | ||||||||||
6 | Filsafat Pendidikan Islam (Nizar Syamsuil) | ||||||||||
14 | A. 12.1.0863 | Karman | 1 | Misi dan Pengembangan Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam | 1 | Misi dan Pengembangan Pendidikan | 1 | Filsafat Pendidikan Islam (M. Arifin) | |||
2 | Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam | 2 | Filsafat Pendidikan Islam (Zuhairini) | ||||||||
3 | Filsafat Pendidikan Islam (Nizar Syamsuil) | ||||||||||
15 | A. 12.1.0861 | Khabib Sholeh | 1 | Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara | 1 | Pemikiran Tentang Pendidikan | 1 | Filsafat Pendidikan, Sistem Dan Metode (Imam Barnadib) | |||
2 | Pengaruh Pemikiran Dalam Pendidikan | 2 | Mencari Orientasi Pendidikan, Sebuah Perspektif Historis (Thomas Hidya Tjaya) | ||||||||
3 | Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi (Mansour Fakih) | ||||||||||
16 | A. 12.1.0851 | Marzuki | 1 | Konsep Dasar Profesinalisme | 1 | Pengertian Profesi | 1 | Membangun Profesionalisme Muhammadiyah (Sjafri Sairin) | koreksi ketikan judul yg slah | salah | |
2 | Pengertian Profesionalisme | 2 | Pengaruh Pengalaman Profesionalisme Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja (Sumardi) | ||||||||
3 | Kriteria Pekerjaan Menjadi Sebuah Profesi | 3 | Kamus Besar Bahasa Indonesia 9Pusat Bahasa Depdiknas) | ||||||||
17 | A. 12.1.0856 | Moch Latif Rowi | 1 | Konsep Dasar Komponen-Komponen Sistem Pendidikan Islam | 1 | Komponen-Komponen Pendidikan | 1 | Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Ahmad Marimba) | |||
2 | Konsep Dasar Komponen-Komponen Pendidikan | 2 | Pemikiran Pendidikan Islam (Abdul Majid Muhaimin) | ||||||||
3 | Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Qur'an (terj. M. Arifin) | ||||||||||
18 | Muhlisun | 1 | Filsafat Pemikiran Ibnu Sina Tentang Ilmu Pendidikan | 1 | Pokok-Pokok Pikiran Ibnu Sina Tentang Pendidikan | 1 | Konsep Pendidikan Ibnu Sina (Abudin) | ||||
2 | Pokok-Pokok Pemikiran Ibnu Sina Tentang pendidikan (Syamsudin Asyraf) | ||||||||||
3 | Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim (Busyairi Madjid) | ||||||||||
19 | A. 12.1.0875 | Nur Wahyuni | 1 | Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih | 1 | Pengertian Pendidikan Akhlak | 1 | Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih (Prof. Dr. Suwito) | |||
2 | Metode Pendidikan / Perbaikan Akhlak | 2 | Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan ( Harun Nasution) | ||||||||
3 | Pendidikan Akhlak untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa | 3 | Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim (Busyairi Madjid) | ||||||||
20 | A. 12.1.0874 | Nurul Hidayati | 1 | Taqwa dalam PAI | 1 | Pendidikan Agama Membentuk Manusia Taqwa | 1 | Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen | |||
2 | Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Muhammad Ali) | ||||||||||
3 | Peranan Keluarga Memandu Anak (Kartini Kartono) | ||||||||||
21 | A. 12.1.0854 | Sa'diyah | Kesetaraan Peranan Pendidikan Anak Usia Dini (PADU) Dalam Islam | 1 | Mendidik Anak Sebagai Kewajiban Ayah dan Ibu | 1 | Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Dr. A. Tafsir) | ||||
2 | Perkembangan Anak Usia Dini | 2 | Pendidikan Partisipatif (Menimbang Konsep Fitrah dan Progresivisme John Dewey (Muis S. Imam,M.Ag) | ||||||||
3 | Kesetaraan Potensi dan Peran Edukatif laki dan Perempuan | 3 | karakteristik Hukum Islam (Drs. Dahlan Idhamy) | ||||||||
4 | PAUD Sebagai Upaya Memerdekakann Anak. | 4 | Strategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini (Dra.Dwi hardiyanti, M.Pd dan Muh Sukiram, S.Sos.I) | ||||||||
5 | Filsafat Pendidikan Islam (M. Arifin) | ||||||||||
22 | A. 12.1.0860 | Sholekhah | 1 | Revitalisasi Konsep Pendidikan Islam Ideal (Upaya Pembentukan Kepribadian Islam) | 1 | Konsep Pendidikan Menurut Al Qur'an | 1 | Landasan dan Tujuan Pendidikan Menurut Al Qur'an serta Implikasinya ( Abdullah, Abdurrahman Shalih) | |||
2 | Konsep Pendidikan Islam,Al Attas, Syed Muhammad Naquib, terjemahan Haidar Bagir) | ||||||||||
3 | Ilmu Pendidikan Islam (Ramayulis) | ||||||||||
23 | A. 12.1.0853 | Siti Solekhah | 1 | Konsep Pendidikan Islam Kuntowijoyo | 1 | Pluralisme dan Multikulturalisme di Indonesia | 1 | Penjelasan Sejarah (Kuntowijoyo) | |||
mana aspek/pembahasan pendidikannya? | 2 | Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi (Kuntowijoyo) | |||||||||
3 | Islam sebagai Ilmu, Epistomologi, Metodologi dan Etika (Kuntowijoyo) | ||||||||||
24 | A. 12.1.0867 | Sri Sunarsih | 1 | Pendidikan Orang Tua dan Prestasi Anak | 1 | Pendidikan Orang Tua | 1 | Evaluasi Pendidikan (Drs. Wayan Nur Kanca dkk) | |||
2 | Prestasi Belajar Anak | 2 | Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Muhammad Ali) | ||||||||
3 | Peranan Keluarga Memandu Anak (Kartini artono) | ||||||||||
25 | A. 12.1.0868 | Suramin | tulis kembali judul tanpa kata dikotomik, kata kunci sdh sy setujui : "penciptaan situasi kondisi sekolah" | 1 | Penciptaan Situasi Kondisi Sekolah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | 1 | Filsafat Pendidikan Islam (Zakiah Darajat) | ||||
2 | Potensi dan Hambatan Penciptaan Situasi Kondisi Sekolah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | 2 | Wacana PengembanganPendidikan Islam (Muhaimin) | ||||||||
3 | Alternatif Solusi Faktor-Faktor Penghambat Penciptaan Situasi Kondisi Sekolah dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | 3 | Guru dalam Proses Belajar Mengajar (Muhammad Ali) | ||||||||
4 | Mengggas format pendidikan nondikatomik (Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, M.A.,Ph.D.) | ||||||||||
26 | A. 12.1.0862 | Syafif Maemun | 1 | Membedah Dikotomi Sekolah Negeri dan Swasta | 1 | Perbedaan Sekolah Negeri dan Swasta | 1 | Manusia, Filsafat, dan Pendidikan (Prof. Dr. H. Abdullah Idi, M.Ed. – Prof. Dr. Jalaluddin) | |||
2 | Pandangan Masyarakat | 2 | Mengggas format pendidikan nondikatomik (Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, M.A.,Ph.D.) | ||||||||
3 | 3 | Manajemen Pendidikan (Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si) | |||||||||
27 | A. 12.1.0859 | Syaikhun | 1 | Konsep Belajar dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | 1 | Konsep Belajar dan Pembelajaran | 1 | Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Heri Gunawan, S.Pd.I M.Ag.) | |||
2 | Metode dan Strategi Pembelajaran | 2 | Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik (Prof. H. Abdurrahman Mas'ud, MA., Ph.D) | ||||||||
3 | manajemen Pendidikan (Dr. H. Syaefuddin Zuhri, M.Si.) | ||||||||||
4 | Lembaga Pendidikan Islam Indonesia abad ke 20 (Dr. Arief Subhan, MA) | ||||||||||
28 | A. 12.1.0855 | Tamzis | 1 | Filsafat Pendidikan Islam dan Implikasinya Terhadap pengembangan Pendidikan Islam | 1 | Hakikat Filsafat Pendidikan Islam | 1 | Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Prof. Dr. Muhaimin, MA) | |||
2 | Urgensi Filsafat Pendidikan Islam | 2 | Falsafah Pendidikan Islam (Hasan Langgulung) | ||||||||
3 | Tipologi Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam | 3 | Filsafat Pendidikan Islam (Zakiah Darajat) | ||||||||
4 | Implikasi Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam | 4 | Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Abdul Munir Mulkhan) | ||||||||
5 | Keterkaitan antara Teori dan Praktek di Lapangan | 5 | Filsafat Pendidikan Islam (Djumbaransyah Indar) | ||||||||
6 | Kesimpulan | 6 | Wacana PengembanganPendidikan Islam (Muhaimin) | ||||||||
7 | Filsafat Pendidikan Islam (Nizar Samsul) | ||||||||||
29 | A. 12.1.0865 | Ulil Arkham | 1 | Menguak Perbedaan Madhab Dalam Permasalahan Sholat | 1 | Perbedaan Pendapat Tentang Permasalahan Sholat | 1 | Kitabul Fiqhi 'alal Madhabil Arba'ah (Abdurrahman Al Jazili) | ditolak, tidak berhubungan dg pendidikan. | ||
2 | Faktor yang menyebabkan Perbedaan Pendapat | 2 | Fiqih Sholat (Drs. Yusuf Qardlawi) | ||||||||
3 | Fiqh Ubudiyah (Drs. Said bin Ali) | ||||||||||
30 | A. 12.1.0857 | Umi Syaid | 1 | Mencermati Praktik Pendidikan Rasulullah SAW | 1 | Cara menjadi Pendidikyang Baik (profil Pendidik) | 1 | Muhammad SAW Sang Guru Yang Hebat (Prof. Dr. Fadhl Ilahi) | |||
2 | Cara Melaksanakan Pembelajaran (Pendekatan dan Metode Pembelajaran) | 2 | Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah Wal Jama'ah ( Syaikh Ahmad Farid) | ||||||||
3 | Cara Mendidik Sahabat sehingga Menjadi Generasi Terbaik | 3 | Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah (Imron Fauzi Ar Ruzz) | ||||||||
Demak, 30 Desember 2012 | |||||||||||
Ketua Kelas | Sekretaris Kelas | ||||||||||
MOCH LATIF ROWI | KHABIB SHOLEH | ||||||||||
NIM. A. 12.1.0856 | NIM. A. 12.1.0861 | ||||||||||
Dosen Pengampu | |||||||||||
Prof. H. ABDURRAHMAN MAS'UD, MA, Ph.D. | |||||||||||
Rabu, 09 Januari 2013
Revisi Final Papaer
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan tinggalkan komentar anda!